Pages

Sabtu, 07 Februari 2015

#AntiMainstream Cancer Day

4 Februari kemaren kan Hari Kanker Sedunia. Pasti udah banyak lah yang ceritain tentang kanker itu gimana. Lagi pengen bahas yang lain nih.. Kalau bahas HIV & AIDS boleh kan ?! Ehehee... Soalnya baru kemarin-kemarin ini, ada salah satu orang yang gue kenal, eh ternyata dia perutnya "ngisi", tapi sayang doi blm nikah. Kalo dipikir-pikir sekarang  free sex udah jadi penyakit masyarakat yang biasa banget kali ya.. Kebanyakan contoh kasus :|

Selain langgar norma agama, masih banyaaak hal negatif dari freesex, yang paling serem sih ya itu, HIV-AIDS. Sayangnya sekarang kasus HIV AIDS udah banyak ditemuinnya di Indonesia, udah banyak orang yang kejangkit sama virus ini. Yang teranyar sih kemarin-kemarin gue baca berita tentang penyebaran HIV AIDS di Papua, malah seremnya sih katanya "Akibat HIV, Suku Asli Papua Terancam Punah". Hah? segitu parahnya kah?



(baca beritanya disini: http://m.metrotvnews.com/read/2015/01/29/351321)


Menurut berita diatas sih katanya penyebab nyebarnya virus ini gara-gara dua hal, minuman keras dan freesex. Gara-gara miras, mereka mabok kan tuh, terus jadi deh freesex. Ironisnya, sekarang virus HIV disana udah nyebar ke pihak ketiga, yaitu ibu dan anaknya! :(

Mestinya sih dibanyakin tuh langkah-langkah pencegahan HIV disana. Dari mulai nyebarin informasi tentang HIV, sampe penyuluhan yang khusus bahas bahaya HIV.

Syukurnya, kalau di daerah Kab. Mimika sih udah ada program yang khusus ngurusin tentang pencegahan dan pengendalian virus HIV & AIDS yang udah berjalan dari tahun 1996-an. Programnya ini lebih ke ngasih penyuluhan dan konseling ke orang dewasa dan remaja di Mimika tentang pentingnya pake "pengaman" supaya terhindar dari HIV, terus pentingnya jaga kesehatan dan yang utama dari yang paling utama adalah pentingnya menjaga kesetiaan (ha!).

Gue sih pernah denger katanya kalo para wanita tuna susila disana udah ditempatin di lokasi khusus, yang nama daerahnya tuh Kilo10. Nah disanalah adanya tempat penyuluhan anti HIV itu. Jadi, para WTS yang bermukim didaerah situ diwajibkan buat cek rutin tentang kesehatan mereka. Sehingga, sekalinya ada yang terjangkit HIV, langsung bisa ditangani dan enggak nyebar kemana-mana. Bantu banget kan!

Bokap gue juga suka cerita tentang peran PT Freeport Indonesia di program penyuluhan ini sampe sekarang. Saking seriusnya program penyuluhan ini, PTFI selalu melatih staf-nya yang akan 'terjun' langsung ke masyarakat supaya bisa benar-benar membantu mereka yang membutuhkan.

Menurut gue sih program kayak gini ampuh banget buat upaya pencegahan HIV, apalagi sekarang kasus HIV lagi gencar-gencarnya. Sebenernya saat ini udah susah kalau bahasanya cuma "Nggak boleh freesex" atau "say no to narkoba" kenapa ngga bener-bener penyuluhan di setiap kota atau sekolah dan diliatin seperti apa sih akibat-akibat fatal dari dua hal yang dianggap paling negatif itu.


Udah ah, pusing pala princess, mau syare lagi. BHAY!


Eh iya, selamat hari kanker sedunia, ayo terapkan pola hidup sehat! ( maaf telatnya kebangetan (._.) )

0 komentar:

Posting Komentar