Pages

Jumat, 17 April 2015

INSTITUT PERTAMBANGAN NEMANGKAWI UNTUK PAPUA










Berawal dari keinginan untuk memberdayakan masyarakat lokal di wilayah sekitar daerah operasi PT Freeport Indonesia (PTFI) maka dibangunlah Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN). Sekolah tersebut dikelola oleh Departemen Quality Management Services (QMS) PTFI.

Sekolah tersebut berdiri di lokasi seluas 6 ha di kawasan Light Industrial Park (LIP), Kuala Kencana. IPN dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas kelas dunia, seperti sepuluh simulator untuk truk Caterpilar dan Western Star, tiga area simulasi  tambang bawah tanah yang dilengkapi fasilitas untuk hauling, loading, dumping, ventilasi dan jackleg. Untuk masalah staff pengajar memiliki lebih dari 300 instruktur yang terakreditasi secara internasional.

IPN merupakan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga terampil dan kompeten di sektor pertambangan. Sejak  2003, IPN telah melatih 425 mekanik alat berat, lebih dari 540 operator alat berat, dan lebih dari 500 pekerja tambang bawah tanah. IPN memiliki sejumlah program pelatihan dan pendidikan, yaitu program Pra-Magang, Program Pemagangan, Program Pendidikan Orang Dewasa, Program Master of Business Administration (MBA), Program Administrasi Niaga D-3 dan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan PTFI.

Salah satu kisah sukses datang dari Elias Bidaugi Pigome atau lebih dikenal dengan EPI. Di kala itu dia adalah kandidat pra-magang di IPN. Setelah mengabdi sebagai pra magang di bagian Administrasi selama beberapa tahun akhirnya dia bekerja sebagai karyawan tetap di PTFI bahkan tahun 2007, akhirnya EPI berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Teknik Geologi Trisakti atas beasiswa PTFI dan berhasil lulus pada awal Mei 2013 silam.


Source:

https://adityadicky.wordpress.com/category/uncategorized/page/9/
http://ptfi.co.id/id/media/news/earnestness-brings-skill

0 komentar:

Posting Komentar