Pages

Kamis, 02 April 2015

MENYIBAK KEINDAHAN TANAH PAPUA






            Source: Instagram @alenia259

Alenia Pictures kembali membuat sebuah film yang memaparkan keindahan Papua. Lewat film perdana mereka, kita mengenal Denias Senandung di Atas Awan (2006) yang menceritakan tentang perjuangan seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias dalam mendapatkan pendidikan yang layak. Pada tahun 2008, film yang disutradarai oleh John de Rantau ini masuk seleksi Piala Oscar untuk kategori film asing. Kini mereka kembali memperlihatkan keindahan papua melalui film dokumenter berjudul  Alenia’s Journey Uncover Papua.
            Alenia’s Journey Uncover Papua, sebuah film dokumenter yang tidak hanya menceritakan tentang tantangan selama perjalanan menyusuri Papua namun  juga memperlihatkan bagaimana hal-hal positif yang berada di Papua yang meliputi lingkungan, pendidikan, sosial dan budaya. Film yang memakan waktu selama 80 hari dengan jarak kurang lebih 30.000 kilometer dengan mendatangi 30 kota, 120 distrik atau kecamatan, dan 250 kampung ini juga memberikan banyak inspirasi, salah satunya melalui cerita orang-orang yang telah mengabdikan hidupnya di Tanah Papua. 
            Perjalanan dokumenter ini dilakukan oleh pasangan sineas Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang dimulai dari bulan 10 Desember 2014 dari Kota Jayapura. Selama perjalanannya begitu banyak lika-liku yang dihadapi oleh mereka, terjebak di Tagime adalah salah satunya. Rombongan Alenia Pictures sempat terjebak tanah longsor di Kecamatan Tagime, Kabupaten Tolikara, Papua. Jalanan putus dan selama berjam-jam mereka harus menyibak longsoran tanah agar mobil bisa kembali melanjutkan perjalanan.
            Titik mengharukan pun mereka dapatkan ketika melihat semangat rakyat di Eragayam, Kabupaten Mamberamo Tengah yang ingin mendapatkan pendidikan layak. Warga berkorban membangun sendiri jalan menuju sekolah dengan alat seadanya, betapa besar semangat murid dan guru yang berada di daerah terpencil, terjauh dan tersulit dijangkau itu.
            Seluruh pengalaman yang terangkum dalam 13 episode ini akan mulai diceritakan di Metro TV mulai tanggal 04 April 2015 pukul 16.00 WIB. Tentunya film dokumenter ini adalah sebuah bukti betapa kaya dan indahnya tanah Papua.


Trailer film dokumenter Alenia’s Journey Uncover Papua :



Source:

http://entertainment.kompas.com/read/2014/12/11/143706310/Ale.dan.Nia.Jelajahi.Papua.dan.Papua.Barat.80.Hari

http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2015/02/02/nia-dan-ale-80-hari-berkeliling-papua--720887.html

http://entertainment.kompas.com/read/2015/02/01/165428410/Ale.dan.Nia.Tertanam.di.Papua

1 komentar:

lintas mengatakan...

saya selalu tertarik nih mbak kalo ngomongi ttg indonesia bagian timur.
harus nonton!!

Posting Komentar