Pages

Rabu, 25 Juni 2014

Sensasi Nonton 4D

Kali ini gw mau share cerita tapi rada norak dikit gapapa ya? :p

Kemaren malem, gw nemenin mba Puspa nonton Transformer. Berempat, sama calon kakak ipar dan temennya. Sebenernya bukan penikmat film tipe 'serius' gitu sih, tapi karena lagi suntuk + ditraktir + kebetulan calon kakak ipar bawa temen jadinya gw nggak kayak nyamuk yaa nggak nolak lah hihi.

Nggak tanggung-tanggung, ditraktirnya yang 4D. Calon kakak ipar lagi ada rejeki lebih katanya. Alhamdulillaaah...semoga terus ditambahin rejekinya kakak! 


Dan di sinilah kenorakan dimulai...

Kita berempat ternyata belum pernah ada yang ngerasain nonton 4D. Kalo yang 3D sih pernah lah....walaupun kartun hahahaha. Jadi, kemaren adalah pengalaman pertama kita nonton 4D.

Sama kayak nonton 3D, kita dikasih kaca mata khusus buat dipakai selama nonton. Ternyata, studio buat 4D ini beda sama yang lain. Kursinya dirancang per 4 kursi gitu. Nggak langsung 6-10-6 kayak studio biasa. Pas banget berarti kita kemaren berempat. Hihi.

Sebelum film asli dimulai, kita kayak disuguhin 'teaser' tentang nonton 4D. Ada sebuah video yang diputer dan penonton dikenalin sama efek-efek keren 4Dnya: kursi yang bisa gerak, sedikit cipratan air, sampe harum bunga waktu ada adegan kupu-kupu terbang (eh atau yang harum ini gw doang yang nyium ya? Kata Mba Puspa dia nggak ngerasa...)


 Gw nggak akan ngereview filmnya karena sesungguhnya nggak paham sama jalan ceritanya. Nggak ngikutin film yang sebelum-sebelumnya juga. Cuma tau ada Optimus Prime sama Bumble Bee doang. Liat lapak sebelah aja ya kalo mau tau reviewnya :p

Eniwei, nonton Transformer secara 4D ternyata seru BANGET. Yang ada gw sama Mba Puspa malah cekikikan heboh sendiri ngerasain efek-efeknya. Waktu ada adegan kejar-kejaran pake mobil, kursi ikutan gerak berasa kita lagi di dalem mobil. Waktu ada adegan berantem atau ada api (bukan Avatar! :p), kita ngerasain kayak ada sesuatu berbunyi 'Pssst' dan ngerasa sedikit dingin. Mungkin ini efek air itu ya? Tapi nggak bikin basah kuyup kayak bayangan gw selama ini hahahaha.

Yang paling bikin kaget adalah waktu adegan di dalem pesawat musuh. Salah satu manusia diculik dan dia berusaha kabur. Sayangnya dia ketangkep sama robot entah apa yang ngejulurin lidahnya ke kaki manusia itu. Terus kaki gw juga berasa lagi dililitin, ada efek dari bagian bawah kursi juga ternyata hiiiii!

Waktu adegan berantem juga kadang kita ikut ngerasain. Bukan dibantingnya (amit-amit), tapi pas ditendang. Kayak ada sesuatu yang nendang dari belakang. Nggak kenceng sih tapi cukup bikin gw sama Mba Puspa malah ketawa-tawa :)).


Meski di tengah gw mulai ngerasa bosen, film Transformer ini cocok ditonton secara 4D. Banyak efek yang bisa dimainin, pengambilan gambarnya juga bisa bikin kita berasa ikutan naik, turun, terbang, dan semacam itu. Beberapa menit awal gw sempet rada mual karena perut rasanya dikocok-kocok banget. Tapi untungnya masih baik-baik aja kok sampe film beres.

Eniwei,  buat nonton film secara 4D ternyata ada aturan tersendiri. Beberapa yang gw inget di antaranya tinggi minimal 100 cm, nggak punya penyakit parah terutama kayak sakit jantung, nggak bawa makanan dan minuman ke kursi (karena takut malah ngotorin kali ya pas kursinya gerak), dan disarankan ke toilet dulu sebelum nonton. Satu lagi: berat badan maksimal 120 kg! Inget banget gw kemaren temennya calon kakak ipar (oh ya, sebut saja namanya Mas G) tiba-tiba nanya berat badan gw. Ternyata doi cuma mau nunjukkin aturan-aturan nonton 4D itu :""))))



Sebulan sekali atau bahkan setaun sekali, bolehlah nonton 4D. Apalagi kalo ditraktir. Saran gw, liat dulu aja filmnya kayak gimana. Kalau yang kira-kira banyak adegan seru (biasanya film action atau petualangan yang mendebarkan gitu) berarti nggak rugi nonton 4D. Tapi kalo filmnya kira-kira bakal adem ayem nggak ada adegan balapan, lari, jatuh, berantem, atau yang ekstrim lainnya, coba pikir-pikir dulu sebelum nonton.

Happy watching!

<3

*all pictures taken from Google ;)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah, seru banget nih kayaknya. Jadi kepingin ..

Posting Komentar