Pages

Selasa, 20 Mei 2014

Dilan: Karena Beda Itu Keren!

Buat yang ngikutin timelinenya Surayah @pidibaiq , pasti tau kalau beliau baru mengeluarkan novel remaja berjudul "Dilan". Ini bercerita tentang sosok anak SMA dari sudut pandang pacar (atau friendzone-an? :p)nya, Milea.

Dilan digambarkan sebagai sosok yang unik. Populer bukan karena dia anak basket, anak band, ketua OSIS atau ala ala gambaran 'cowok keren' pada umumnya. Dia punya cara sendiri untuk membuat orang menyukainya. Ngasih hadiah ulang tahun buku TTS yang udah diisi semua, nitipin cokelat lewat tukang koran, dan hal-hal simpel lain yang nggak kepikiran tapi bisa bikin meleleh.

Sebenernya cerita ini udah lebih dulu ditulis Pidi Baiq di blognya. Nggak sampai tamat, tapi ternyata lebih dari 50% isi buku Dilannya *spoiler alert*. Gw juga suka ngikutin dan nggak sabar nunggu kelanjutannya sampai ternyata akhirnya buku itu keluar. Nggak rugi kok beli walau udah tau sebagian besar jalan ceritanya hehehe.

Salah satu yang gw suka dari buku ini adalah gaya nulisnya. Apa adanya. Kayak nggak beraturan tapi tetep enak dibaca. Banyak dialog singkat, bikin ngebayangin seolah kita yang baca jadi Milea dan kesel tapi sayang gimanaaaa gitu sama Dilan.

Plus, diselipin beberapa ilustrasi! Kalau di blog kan cuma tulisan aja nggak ada gambarnya hihi. Salah satu gambar yang gw inget adalah waktu Milea ngobatin Dilan yang abis berantem di sekolah. Berantem gara-gara ada yang ngusilin Milea itu juga. Jadi ngebayangin, gimana ya rasanya jadi Milea, dicintai dan diperhatiin Dilan sampai segitunya...


Yup, di twitter juga kadang rame komentar dari cewe-cewe yang 'pengen punya pacar kayak Dilan'. Kalo nggak salah surayahnya pernah nanggepin, 'berarti harus jadi kayak Milea'. Nah ini yang rada susahnya. Sosok Mileanya nggak terlalu digambarin kuat karakternya. Dia juga bukan tipe cewek populer tapi cukup banyak yang seneng. Sekalinya punya pacar, belagu dan superprotektif. Sekalinya ada yang ngedeketin juga selain Dilan, orangnya cemburuan. Hahaha ribeet!

Walau kata orang buku Dilan ini biasa aja, buat gw tetep 'luar biasa'. Menghibur sekaligus bikin terharu dalam satu waktu. Nggak percaya? Coba aja baca.

<3






2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah, kayaknya seru juga nih jalan ceritanya.
Pingin bacaa ~~

Unknown mengatakan...

ayo baca bacaaa.. :D

Posting Komentar