Pages

Senin, 21 April 2014

Freeport Indonesia dari Kacamata @JayaYEA

Long weekend kemaren, gw memutuskan leyeh-leyeh di rumah. Selain karena nggak ada yang ngajak main *bukan curhat*, gw emang lagi butuh koneksi cepet buat skype-an sama Bokap. Sayang banget dia nggak dapet cuti Paskah. Jadilah cuma bisa ngobrol di dunia maya.

Awalnya curhat biasa. Curhat patah hati *bagian ini akan gw tulis di postingan lain ya :p*. Kemudian gantian Bokap yang update kegiatannya di Timika. Aroma-aromanya gw bakal disaranin jadi entrepeneur nih gegara ada salah satu entrepeneur yang baru dateng ke Timika beberapa hari lalu.


Namanya Jaya. Sejujurnya baru tau dari Bokap sih... Mas Jaya ini adalah entrepeneur muda yang kayaknya seneng sharing ke komunitas-komunitas di Indonesia. Dia punya "Young Entrepeneur Academy", 'produsen' entrepeneur gitu. Salah satu komunitas yang bekerja sama dengan dia adalah UKM binaan Freeport. Berawal dari pengen tau lebih lanjut tentang dia, nemulah twit-twitnya yang bercerita tentang pengalamannya waktu ke Timika. Yang kayak gini nih yang perlu ditiru, berpendapat karena udah melihat langsung faktanya di lapangan! At least kalo belum pernah ke sana, berpendapatnya pake data, pake fakta, jangan omong doang.


Inilah dia beberapa pandangan Mas Jaya tentang Freeport Indonesia yang gw ambil langsung dari timelinenya. Silakan dibaca :)


1. Seharian full keliling Timika & ketemu UKM2 binaan Freeport. Banyak cerita asli yg beda dg yg selama ini kita dengar ttg Freeport.


2. Kalo langsung kesini baru akan ngeh, betapa wilayah kaya ini korupsinya terasa dimana2..


3. APBD yg 1,5 triliun setahun, hanya untuk penduduk 100 ribuan, selain jalan utama yg dibuat freeport, gak ada yg bagus.


4. Tadi kebetulan pas lagi ada yg dlm suasana perang suku, jadi bbrp usaha tutup, siap2 panah, hehe..


5. betul mas (Re: Freeport), sy jg mengalami sendiri hidup di lingkungan NewMont kab. Sumbawa Barat, mrk lebih peduli kpd masyarakat. (from: @5Adja)


6. Kultur orang asli disini bermalas2an & tukang 'todong' ke freeport doank. Susah dididiknya, maunya dpt 'jatah preman' aja.


7. Tapi cukup banyak juga suku asli yg udah berfikiran maju. Dan mereka juga susah menghadapi perilaku kawan yg msh kolot.


8. Berita2 ttg 'kejahatan' freeport lebih banyak dibuat u/ tujuan politik. Kondisi asli adalah sebaliknya, mrk sangat care.


9. bahkan Ada bbrp daerah yg blm teraliri listrik NewMont lah yg membuatkan pembakitnya jd daerah sekitarnya bs menikmati listrik (from: @5Adja)


10. Saya juga pernah ke Newmont, bagus banget & sangat care dg keselamatan. Begitu juga G Resources, Martabe.


11. jadi cerita soal Freeport dan Newmont ini yg biasa kita denger dr media, kadang kurang pas dg kenyataan yg ada.  (From: @5Adja)


12. Saya cerita ini bukan krn baru ketemu mrk, tapi ini kunjungan follow thru dari ECamp yg diikuti oleh mitra binaan Freeport.


13. Kalo terjun langsung di lapangan dan wawancara mrk, kita akan tahu betapa 'alotnya' untuk mengedukasi kultur disini.


14. Jam 9 waktu sini, orang udah pada takut keluar, karena sering rawan kriminal, preman pemabok, sampe pembunuhan.


15. Sy sempat kaget: Koq semua toko kelontong ada PAGARNYA >> ternyata mslh keamanan. Yg jualan dibalik jeruji u/ proteksi.


16. Betul..! Perlu waktu u/ pergeseran kultur & pola pikir RT : jadi, real problem kita adalah soal mental dan mindset, mas?


17. Kalo rugi, tinggal tutup dan org papua tetap di hutan RT : secara makro, merugikan mas. karena SDA berpindah keluar, utuh.


18. Investasi asing diperlukan untuk menghasilkan perputaran uang & pemberdayaan masyarakat sekitar..


19. Cara tercepat membangun suatu kota, ya pindahkan SARANG SEMUT ke kota tsb >> Pabrik, Wisata, Pendidikan yg jadi Anchornya.


20. Seperti kasus suku asli lainnya, Timika 'diserbu' oleh pendatang Jawa, Madura, Makassar yg ethos kerjanya tinggi & membaca peluang.


21. Alhasil, pedagang2 yg berhasil di Timika, ya perantauan. Suku asli? Hanya nunggu 'jatah preman' dari Freeport..


22. Saran saya kpd freeport adalah Fokus ke generasi muda saja, kirimkan ke yg program 1 tahun. Pulang & praktekkan.


Gimana? Udah dapet pencerahan tentang apa yang sebenernya terjadi di Papua? :)

x

0 komentar:

Posting Komentar