Pages

Kamis, 04 Juni 2015

Limbah Bukan Penghalang Asa! Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pernah denger soal kawasan MP21 Freeport? Kawasan ini dulunya tempat pembuangan pasir sisa tambang (tailing). Sekarang, tempat ini udah ditumbuhi sama berbagai tanaman produktif yang didalemnya ada berbagai jenis tanaman, kayak kopi, coklat, lada, duku dan salak. Selain itu, ada juga beberapa tanaman endemik hingga pertanian organik. PT Freeport Indonesia melakukan reklamasi lahan tailing seluas 600 hektar dan targetnya itu nanam tumbuhan seluas 12 hektar di setiap tahunnya. Banyak dan luas banget kan?

Kata orang-orang sih, tailing itu berbahaya, beracun, ga bermanfaat! Toh buktinya di MP-21, lahan bekas endapan ini bisa jadi wadah atau bahkan daerah yang bermanfaat. Ada perkebunan (gue udah coba buah-buahannya, kaya melon, jambu sama tomat dan ehmm segeerr semua!), perikanan, bunga-bungaan, semua ada deh. Buah-buahannya ga kalah enak sama buah di Taman Mekar Sari, Bogor.


Ada kabar gembira lainnya, waktu keliling timika bapak gue nunjukin kantor bupati timika ternyata WOW!! Itu juga dibangun dari tailing. Nah sekarang siapa yang bilang limbah itu ga bermanfaat. Mumpung sekarang memperingati hari lingkungan hidup sedunia, ga bakal ngehalain kita untuk berkreasi memanfaatkan limbah kan?

0 komentar:

Posting Komentar